Cara Menghilangkan Arus Dc Pada Speaker

Speaker aktif nan biasa di jual dipasaran umumnya memperalat power 2 x 30 Watt. Yaitu dengan memakai Transistor final Tip 41/42 maupun TIP 31/32. Bagi sebagian orang mungkin speaker aktif tersebut sudah bisa dibilang mantap. Namun terkadang ada pula yang kurang puas dengan suara yang dihasilkan makanya speaker aktif tersebut. Jadi buat mendapatkan hasil celaan yang maksimal, mungkin ini masputz.com akan berbagi cara hendaknya trik yang dihasilkan speaker aktif tersebut jadi makin awet.

Kebetulan kemarin saya boleh job disuruh memperbaiki speaker aktif. Gejala kerusakannya adalah suara minor yang dihasilkan bukan boleh ngebas dan condong berisik. Sesudah saya bongkar ternyata kerusakan ada puas pertalian powernya. Yakni pelecok satu TR final ada yang putus, bintang sartan suaranya jadi lapangan dan terdengar prek-prek. Jikalau biasanya TR final rusak short (konslet), suara nan terdengar hanya dengung sekadar. Oleh karena itu lakukan memperbaikinya harus diganti Transistor tersebut dengan yang plonco/ masih bagus.

Setelah saya sejumlah sederajat pemiliknya, ternyata bahkan minta ganti saja kit powernya sedarun biar mantap katanya. Kalau saya sendiri sih objektif saja, kepingin tukar TR atau ganti kit power kontan sekali lagi bukan terserah masalah. Tapi lakukan memenuhi kepuasan pelanggan hasilnya saya turuti tetapi dengan menggilir kit powernya. Seperti yang dapat anda lihat pada gambar dibawah ini adalah kit power bawaan speaker aktif (atas) dan kit power amplifier 200 Watt bagaikan  penggantinya. Ambillah bagi anda yang ingin luang bagaimana prinsip menggantinya berikut ulasannya.

Cara Mengganti Kit Power Pada Speaker Aktif Biar Mantap

Prinsip Mengganti Kit Power Speaker aktif

Hal purwa nan harus engkau persiapkan merupakan peralatan dan alamat nan akan dipasang. Untuk itu rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Kit Power Speaker aktif, saya pakai yang 200 Watt dengan TR final 2955 dan 3055.
  • Dioda Bridge
  • Dioda zener 12 V dua buah
  • Elco 4700uf/35V 2 buah
  • Elco 100uf/25V 2 buah
  • Resistor 470 ohm
  • Resistor 220 ohm

Setelah bahan diatas sudah disiapkan, ancang lebih jauh yakni merakitnya bakal dipasang plong box speaker aktif. Berikut langkah-langkahnya.

Mewujudkan Power Supply Simetris 24VDC

Bagi membentuk power supply sebenarnya sudah saya posting sebelumnya puas membuat power supply hight power amplifier. Namun kali ini akan saya ulang kembali bagaimana cara mudah merakitnya dalam bentuk gambar ilustrasi berikut:

membuat power supply

Setelah merakit power supply diatas, maka langkah lebih jauh yakni membuat rangkaian penurun tekanan listrik sederhana lakukan mencatu pokok kombinasi tone control dan subwoofernya. Hal ini karena kebutuhan tekanan listrik pada kit tone control berbeda dengan rangkaian [pwer. Selain itu disini sahaja suka-suka satu trafo 3Ampere nan dipakai. Lakukan itu berikut ilustrasi rangkaian penurun tegangannya.

Asosiasi Penurun Tegangan Cak bagi Tone Control

rangkaian penurun tegangan

Lega ilustrasi penyambungan suku cadang diatas dapat kita lihat tekanan listrik 24V dari power supply bagi power diturunkan menjadi 12V DC. Selain itu arus lagi diturunkan menggunakn resistor 470 ohm dan 220 ohm. Terimalah tegangan out tersebut dihubungkan ke rangkaian tone control bawaan speaker aktif. Kemudian pasang dan penyelenggaraan masing-masing kit dan koalisi sreg box speaker aktif dengan kuat. Oh ya jangan lupa tambahkan headsink (pendingin) untuk power 200 watt diatas. Sebab headsink bawaan habis mungil bintang sartan perlu ditambah.

kit power 200 watt

Setelah proses diatas radu barulah kita hubungkan ke masing-masing rangkaian. Caranya layak mudah, jadi tidak mesti dijelaskan makin detil, sebab plong kit rangkaian mutakadim termaktub tulisan untuk saban sambungan. Misalnya untuk power mutakadim teragendakan +24V , 0 (Ground) dan -24V. Jadi langsung sambungkan cuma. Sedangkan pada tone control ada 6 biji zakar dawai yang terdiri dari 3 biji pelir telegram out berbunga tone control dan 3 buah kabel lakukan catu daya 12V.

Langkah selanjutnya adalah menyambat 3 biji kemaluan kabel out berpokok tone control ke input power. Masing masing merupakan R (Right), L (Left) dan 0 (ground). Dan anju terakhir adalah mencantumkan speaker 8 ohm ke kontak power. Disitu juga sudah termaktub tulisannya, dimana terdiri semenjak R speaker, L Speaker dan Ground. Bakal R speaker dan Ground hubungkan dengan speaker yang terserah didalam box. Kemudian L speaker dan ground hubungkan ke out RCA bagi box speaker satunya.

speaker aktif

Jika semua sudah selesai tinggal kita coba tinggal apakah rangkaian sudah bekerja dengan baik atau belum. Coba berikan input audio dari smartphone android, laptop, dvd player atau apa sajalah. Jikalau dirasa sudah mantap, langkah keladak adalah menutupnya kembali. Sekiranya sudah demikian bisa kita coba lagi bikin mendengarkan alhasil. Itulah uang pelicin singkat mengenai cara mudah menggilir kit power speaker aktif. Cara ini bisa juga diterapkan jika kit power bawaan sudah lalu rusak total. Nan penting trafo dan tone control masih bisa berfungsi dengan baik. Baca lagi tentang pendirian mudah merakit speaker aktif. Sepatutnya bermanfaat.

Source: http://www.masputz.com/2016/06/cara-mengganti-kit-power-pada-speaker.html