Cara Menghilangkan Noda Aspal Di Bodi Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com –Eksterior mobil kerap kali terkena calit yang enggak diinginkan dan sulit buat dihilangkan. Satu diantaranya ialah cipratan aspal di bagian samping, spion, hingga bawah pintu wahana.

Bila noda aspal dibiarkan, pemilik harus menerima risikonya seperti semakin sulit bikin dibersihkan karena menempel dan mengkristal. Terlebih, berpotensi pula merusak saduran cat oto.

“Makara memang pemilik harus cepat-cepat buat membersihkannya. Setidaknya cak semau empat pendirian yang boleh ditempuh,” kata Aftersales Division Head Auto2000, Terang Imansyah Rival dalam keterangannya, Kamis (16/9/2021).

Baca kembali: Terobos Banjir Pakai Sepeda Pengambil inisiatif, Pahami Batas Amannya

Ilustrasi mencuci mobil
DOK. SHUTTERSTOCK
Ilustrasi mencuci otomobil

Dilansir laman Auto2000, berikut empat pendirian membersihkan noda aspal di oto kesayangan:

1. Bersihkan lampau seluruh badan otomobil

Sebelum melakukan pembilasan noda aspal di bodi oto, akan jauh lebih baik bila pemilik mencuci mobil dulu dengan menggunakan air baku.

Tujuannya kerjakan menyetip debu, cirit, dan bercak lain di samping calit aspal yang menempel. Bila debu dan kotoran sudah terbasuh, akan lebih jelas melihat episode bodi mobil yang terkena aspal.

Pasca- membasuh mobil dengan air, pastikan seluruh adegan jasmani luarnya telah kering dengan sempurna. Jangan pernah membersihkan calit belangkin apabila mobil masih dalam kejadian basah.

“Sebab, hal tersebut akan meningkatkan risiko pewarna tergores ketika pengumbahan dilakukan,” ujar Imansyah.

Baca juga: Gangsal Genap Berlanjut, Ini 8 Lokasi Penyekatan di Puncak Bogor

Cuci mobil bagian kolong dengan hidrolik

Basuh oto episode cembung dengan hidrolik

2. Gunakan enceran penetran

Setelah otomobil dicuci dan kering, kini Beliau bisa meluluk dengan jelas bagian mana namun nan terkena noda aspal. Lazimnya area velg, bumper, grill, hingga bawah ki adalah penggalan rawan terkena renjis aspal.

Maka dari itu karena itu, fokuskan perhatian pada babak-babak bawah bodi mobil sebelum beralih ke adegan atas.

Cara menghilangkan noda belangkin di bodi mobil yang dapat pemilik coba ialah dengan menggunakan larutan penetran. Larutan ini sudah banyak dikenal di mayapada otomotif perumpamaan cairan pembersih karat.

“Bila noda aspalnya belum sesak kersang dan menempel selektif, maka ini boleh membantu. Langkahnya, semprotkan ke noda aspal di jasmani oto. Kemudian, diamkan bilang saat lakukan membiarkan cairan kuap,” katanya.

“Pasca- itu, usap noda dengan perlahan menunggangi reja lumat,” lanjut Imansyah.

3. Hindari menekan noda aspal

Saat Sira menggunakan cairan, hindari menekan maupun menggosok garang permukaan bodi mobil yang terjangkit noda belangkin.

Alih-alih bercak terangkat dan eksterior alat angkut bintang sartan bersih, yang akan Anda dapatkan ialah karangan dan pencelup yang terkelupas.

Oleh karena itu, belai doang secara perlahan penggalan noda yang sudah disemprot menggunakan kejai lap nan lumat.

Baca juga: Meneguk Energy Drink Sejauh Mengemudi, Lain Solusi Badan Letih

Ilustrasi mencuci mobil
Hakase_
Ilustrasi mencuci mobil

4. Gunakan tar remover

Bila noda membandel, gunakan tar remover. Ini merupakan cairan tersendiri yang dipakai untuk menghapus noda membandel pada bodi oto, terdaftar noda aspal.

Namun, farik berusul yang bisa serta merta disemprotkan ke bodi mobil, tar remover wajib disemprotkan pada karet lembut atau gelembung sebelum diusapkan ke bagian panel bodi oto.

Usapkan kain lap atau busa tersebut ke bodi oto yang kena aspal. Bila noda sudah lalu terangkat dan bodi otomobil murni, segera cuci bagian panel tersebut menggunakan sampo khusus mobil dan bilas dengan air moga tar remover terangkat seluruhnya.

“Satu kejadian signifikan untuk diperhatikan, Anda harus berbuat pembersihan dan pencucian mobil ini sekaligus. Bintang sartan, misalnya ada tiga bagian otomobil yang kena belangkin, bersihan adv amat suatu babak dengan tar remover dan cuci dengan sabun cair, baru beralih ke bagian lain,” kata Imansyah.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari dari Kompas.com. Yuk bergabung di Grup Dawai “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih tinggal di ponsel.

Source: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/16/192200115/4-cara-membersihkan-noda-aspal-di-bodi-mobil?page=all