Cara Menghilangkan Noise Dengan Audacity

Katakanlah waktu ini kamu sedang asyik dengan Audacity. Ia tiba pada suatu saat saat engkau menekan tombol stop dan menyimpan projectmu. Entah ia hendak menambahkan trek-trek atau sudah lalu siap membetulkan, nan jelas cak semau peristiwa nan mesti engkau lakukan terlebih silam.

Sanding satu hal ini terjadi setiap waktu, lain peduli kualitas mikrofon yang kamu gunakan. Momen engkau derita-review audio pada project anda, anda akan dengar suarahisss.Entah itu suara tapping biasa, suara miring burung berkicau, atau belaka suara berisik-tapi-sunyi aliasambient noise.

Sira harus menghilangkannya, atau project audiomu hasilnya menjadi kurang profesional. Sebenarnya cara menyenangkan ambient noise pada Audacity tidak begitu sukar cak kenapa, simak caranya di bawah.

Eh, dia telah pakai Audacity cerek ya?

Kalau belum, Audacity bisa didownload di http://audacity.sourceforge.ambai/ dan kamu boleh menggunakannya buat (salah satunya) menyetip ambient noise lain peduli suara yang akan diedit direkam dengan Audacity atau tidak.

Hapus Ambient Noise dari File Audio Menggunakan Audacity

Belum pernah dengar Audacity sebelumnya? Kali ini sudah kan 😀 Intinya, Audacity kurang lebih mencakup semua fitur dan opsi nan dibutuhkan terkait audio. Aplikasi ini mempunyai kapabilitas bikin membantu kita membentuk efek suara yang keren, dan kemudahan dalam mengerawang berbagai keperluan suara, pelecok satunya bakalpodcast.

Kenapa suara ambient pada latar audio dihilangkan?

Internal beberapa kasus, sah-formal cuma tidak menghapus kritik latar. Lebih lagi, boleh jadi ambient noise terlewat dan lain masalah. Jadi, kapan engkau harus menghapusnya?

Ada sifat sederhana sih… Apabila ambient noise mengganggu musik alias pembicaraan yang merupakan fitur utama dalam rekaman, ya sudah jelas harusnya dihapus. Maupun setidaknya dikecilkan lah suara-suara yang mengganggu.

Bilang tipe perekaman yang harusnya memiliki kualitas produksi yang baik, membentangi podcast, lagu, sekuritas video game, dan surat berharga suara dramatis harusnya sih dihilangkan ya celaan ambient noise-nya. Kalau jenis album yang enggak sama dengan catatan pribadi ataupun konsultasi mungkin masih bisa ditolerir lamun terdapat background audio-nya.

Mandu menemukan background noise

Bakal menampiambient background noise,kamu mesti menemukan babak dari audio tersebut yang boleh didengarkan sendiri dan terisolir. Engkau bisa juga memisahkan sebuah trek stereo menjadi dua trek mono, caranya via keunggulan panah bawah pada Track Control Panel, kemudian pilihSplit Stereo Track.

seleksi noise pada audacity

Pasca- kamu sudah menemukan audionya, seleksilah dengan mouse. Pastikan tool Selection-nya aktif ya, kemudian klik-kiri dan drag penggalan berbunga audio ambient yang akan ‘digarap’.

Saringan audio ini akan digunakan fitur Noise Reduction pada Audacity umpama kriteria dalam menemukan
background ambientyang mirip, dan kemudian menghapusnya dari trek. Fitur ini enggak doang keren, tapi hasil akhirnya pun hampir cak acap sempurna.

Prinsip menghilangkan noise di audacity

Dengan audio yang telah tersortir (akan ditandai dengan highlight warna biru), bukalah fiturEffects > Noise Reduction.Dia akan melihat sebuahdialog boxdengan tool dua langkah. Mula-mula, lihatlah padaStep 1dan klik tombolGet Noise Profile.Sebelumnya kamu sudah menyeleksi suara cerek ya, jadi sederum klik saja.

get noise profile pada audacity

Pada angka ini, box Noise Reduction akan menutup sendiri. Tenang, tak perlu pusing. Memilah-milah saja jatah makan audio yang hendak dihapus suara ambient-nya. Kalau kamu ingin menghapus semua ambient noise pada satu trek, pas klik-kidal plongtrack headeruntuk menyeleksi semua.

seleksi trek pada audacity

Kalau sudah terseleksi, pun keEffects > Noise Reductiondan lihat padaStep 2.Sreg sebagian raksasa kasus, parameter default untuk Noise Reduction, Sensitivity, dan Frequency Smoothing sudah bagus, makara langsung klikOKsaja. Mungkin diperlukan beberapa detik bagi mengaplikasikannoise reduction,situasi ini mengelepai pada durasi trek.

menghapus noise pada audacity

Tentunya kamu adil untuk mengubah-ubah penunjukNoise Reduction, Sensitivity,danFrequency Smoothing,dan jika kamu n kepunyaan hari lebih untuk mengedit ya mari tetapi, barangkaliworth itbikin mendapatkan hasil olahan audio yang superior.

Sekiranya sudah radu utak-atik, pratinjau hasilnya tinggal. Jika sudah puas, tekanFile > Savebikin menyimpan perubahannya.

Gimana? Berdampak kah?

Plong sebagian osean kasus, ia harusnya berbuntut menghapus suarahissapapun pada background atau keberagaman ambient noise enggak. DSG telah berhasil menghapus suara minor-suara pengganggu seperti suara miring ketikan dan bahkan suara kicauan burung. Audacity sangat super untuk kasus-kasus fixing audio seperti ini. Tidak sekadar edit audio sesungguhnya, masih banyak kegunaan Audacity yang bisa kamu manfaatkan.

Apakah kamu berhasil menghapus ambient noise pada file audio ia dengan Audacity? Menghadapi problem? Atau… ada tool enggak yang kian bagus? Beritahu sekadar kami di kolom komentar, syukur!

Source: https://www.downloadsoftwaregratisan.com/cara-hapus-ambient-noise-dari-file-audio-menggunakan-audacity/