Cara Menghilangkan Panu Di Kulit Tangan

KOMPAS.com –
Cara mengobati panu alias remedi panu nan paling weduk banyak dicari. Hal itu karena penyakit ini cukup mengganggu.

Panu maupun tinea versicolor merupakan nama penyakit yang dapat dikenali dari munculnya calit berwarna kian kurat atau gelap sreg permukaan jangat.

Penyakit kulit ini disebabkan maka dari itu infeksi jamur Malassezia yang tumbuh di luar cais dan mempengaruhi warna alami atau pigmentasi kulit.

Baca juga: Panu: Penyebab, Gejala, Mandu Mencegah, dan Mengatasinya

Panu boleh dialami oleh semua orang dari majemuk latar bokong etnis. Akan tetapi, problem ini makin umum terjadi pada kelompok remaja dan dewasa remaja.

Faktor yang dapat mendorong pertumbuhan jamur Malassezia penyebab panu antara bukan cuaca panas dan lembab, keringat terlalu, kulit berminyak, sistem kekebalan tubuh yang melemah, atau pertukaran hormon.

Prinsip memulihkan panu

Melansir
Pharmeasy.in, panu boleh diobati secara mandiri di flat dengan bahan-objek tercecer, misalnya:

1. Cuci dengan air dan sabun bubuk

Bersihkan negeri kulit yang dihinggapi panu dengan sabun colek dan air dua kali sehari sebelum menerapkan pengobatan bagi mengontrol penyiaran infeksi.

Meskipun sabun dan air tidak gegares dapat menghilangkan infeksi jamur sepenuhnya, hal ini membantu menjaga penyebaran dan menurunkan intensitas infeksi.

2. Gunakan cuka apel

Cuka apel memiliki kebiasaan antijamur yang berguna bakal menyamai kawul Malassezia penyebab panu.

Campuran dua sendok makan cuka memanjatkan perkara dengan air hangat dapat diminum atau dicelupkan ke bola kapas dan dioleskan lega satah kulit nan terjangkit panu.

3. Olesan minyak kelapa

Sama seperti cuka memanjatkan perkara, petro kelapa juga memiliki kemampuan untuk menjajari jamur.

Mengoleskan petro kelapa ke permukaan indra peraba yang tertular panu tiga barangkali sehari dapat mengobati infeksi pupuk yang mengaibkan.

Baca juga: Kelainan Tertua di Dunia dengan Gejala seperti Panu, Itulah Abras

4. Olesan soda api kue

Bahan bukan yang bisa digunakan cak bagi mengobati panu plong parasan kulit adalah baking soda ataupun natrium hidroksida kue.

Natrium hidroksida kue diketahui berlambak menyerap kelembaban dan keringat yang timbul di meres jangat, sehingga menceah panu hambur semakin luas.

5. Salep bawang nirmala dan minyak zaitun

Bawang kudrati merupakan bahan dapur yang memiliki khasiat antijamur dan antimikroba yang baik. Bawang putih dapat dicampurkan dengan patra oliva kerjakan membuat salep.

Caranya, tumbuk sejumlah butir kucai putih sampai lumat, dulu racik dengan minyak zaitun. Oleskan salep tersebut pada permukaan yang rantus panu selama 30 menit.

Baca juga: Panu

Jika panu susah dihilangkan

Mengabarkan
Mayo Clinic, sekiranya pengobatan panu nan dilakukan secara mandiri lain membuahkan hasil, maka ada baiknya berkonsultasi dengan sinse klinik.

Konsultasikan dengan dokter kalau:

  • Kondisi jangat tidak kunjung membaik setelah perawatan mandiri
  • Panu muncul kembali
  • Panu semakin besar atau rembet

Bikin membantu mencegah panu sepatutnya tak kembali, dokter dapat meresepkan perawatan jangat atau oral, meliputi:

  • Selenium sulfida (Selsun) 2,5 tip lotion atau sampo
  • Ketoconazole (Ketoconazole, Nizoral, lainnya) krim, gel ataupun kejamas
  • Itrakonazol (Onmel, Sporanox) tablet, kapsul alias hancuran oral
  • Tablet flukonazol (Diflucan) atau hancuran verbal.


KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Infigrafik: Pendirian Alami Redakan Asam Nafkah

Dapatkan update
berita seleksian
dan
breaking news
setiap hari berusul Kompas.com. Mari bergabung di Grup Dawai “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.derita/kompascomupdate, kemudian join. Ia harus install tuntutan Dawai terlebih lampau di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/05/143000665/5-cara-mengobati-panu-paling-ampuh-dengan-bahan-sederhana?page=all