Cara Menghilangkan Suara Noise Pada Speaker

Bunyi Noise Pada Speaker Aktif / Suara Berdengung / Berdesis Hilang dengan Cara Ini

Penyebab bunyi noise pada speaker




Bunyi noise pada speaker aktif boleh saja muncul saat speaker sedang digunakan pada volume sedikit ataupun pada momen volume tinggi, bagi speaker aktif  nan sudah berumur lebih rentan mengalami unek-unek noise atau suara berdengung ini.

Terserah beberapa sebab amplifier berdesis atau speaker aktif mengeluarkan noise desis padahal rangkaian yang kita gunakan sudah disempurnakan sebisa mungkin. Ini dapat kita deteksi darimana penyebab noise tersebut bermula, sehingga tidak cak semau keluhan pula cak bagi menghilangkannya karena kita tahu tentu apa yang harus dilakukan terkait keadaan tersebut.

  1. Bagian input bersoal, input bersoal dapat menyebabkan dengung serius sreg speaker aktif. Lazimnya terjadi saat konektor input sudah aus karena semangat pemakaian, atau kabel nan tersemat tidak kamil dengan introduksi tak sudah mau potol bagian konduktornya. Ini dapat menyebabkan dengung, dapat pula karena jack rca atau jack model lain lakukan input mutakadim longgar.
  2. Putaran power supply kelebihan beban, ini terjadi ketika power supply yang digunakan lain memenuhi syarat. Dengan pengenalan lain blok amplifier dan tone control berasal speaker aktif tersebut kurang tegangan supply, maka akan mengakibatkan dengung yang konstan, mengganggu, dan semakin jelas detik debit ditambah.
  3. Kurangnya sistem grounding, ini sering ditemukan pada blok tone control yang kurang tergrounding. Silakan pasang ground pada body potensio, body konektor, dan kabel telegram yang saling terhubung dengan PCB terpisah pastikan dihubungkan dengan ground.
  4. Bagian amplifier mengalami kebocoran tarikan, ini terjadi saat ada tegangan DC yang mencuru lega blok power amplifier. Seharusnya adegan penguat akhir ini tidak ada aliran arus alias tegangan DC, namun detik suka-suka kebocoran maka akan menyebabkan dengung, bahkan suara yang dihasilkan akan lapangan sekali kalah oleh noise yang ditimbulkan.
  5. Tata letak antar blok rangkaian adv minim bagus. Seandainya kita bukan tepat dalam menentukan tata letak pada tiap-tiap blok speaker aktif maka hal itu juga akan boleh menyebabkan suara noise nan sangat kentara. Pastikan sebelum menutup box speaker lakukan memasang tiap blok misalnya blok power supply agar berparak dengan blok amplifier karena ini dapat menyebabkan noise saat saling berdekatan.

Prinsip mengatasi noise dengung, desis, maupun suara godaan pada speaker aktif

Menghilangkan noise yang kulur sreg speaker aktif sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah saat kita tahu penyebabnya. Maka terbit itu silakan pastikan bagian mana yang bermasalah sama dengan lega ulasan diatas. Lalu kita dapat mendeteksi antar bagian sehingga enggak ada lagi kendala noise pada rangkaian speaker aktif tersebut.

Misalnya dengan meletuskan grounding antar blok dan antar body komponen, menghubungkannya dengan kabel ground sehingga tak ada pun komponen yang tak terhubung dengan jalur ground.

Apabila yang bermasalah adalah bagian trafo power supply maka silakan diganti menggunakan trafo dengan matra ampere yang patut sehingga tidak ada pun yang namanya kekurangan tarikan. Bermakna pun bakal memastikan tegangan DC nan dihasilkan ikhlas dari noise sehingga akan baik bila digunakan untuk mensupply tone control  alias blok amplifier.




Source: https://rangkaianelektronika.info/bunyi-noise-pada-speaker-aktif-suara-berdengung-berdesis-hilang-dengan-cara-ini/