Cara Menghilangkan Tanda Lahir Noda Kopi

Sejumlah jabang bayi lahir dengan memiliki tanda lahir. Etiket lahir yang unjuk di kulit ini dapat berbentuk dan berwarna beraneka polah. Salah satunya adalah keunggulan lahir positif bercak berwarna cokelat yang disebut cafe au lait spot.

Logo lahir sreg kanak-kanak anyir adalah provinsi kulit yang mempunyai warna berbeda, tekstur berbeda seperti mana menonjol, yang muncul saat lahir atau beberapa minggu setelah lahir. Begitu sekali lagi cafe au lain spot. Etiket lahir terdiri mulai sejak sel pigmen abnormal alias pembuluh darah.

Penyebab pasti munculnya segel lahir hingga sekarang masih belum diketahui secara ilmiah. Cuma, lazimnya nama lahir tidak berbahaya dan bukan memerlukan perawatan, meski bersifat permanen.

Ada dua diversifikasi merek lahir dengan penyebab yang berlainan. Purwa, tanda lahir vascular yang terjadi ketika halkum darah tidak terasuh dengan benar. Yang kedua adalah tanda lahir berpigmen yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih sel-sel yang menciptakan pigmen atau rona di jangat.

Tanda lahir berpigmen yang paling masyarakat yaitu cafe au lait spot (CALS) nan bisa timbul di bagian tubuh mana hanya. Suatu maupun dua CALS tidak berbahaya, tetapi
Parents
teristiadat berkonsultasi dengan dokter jikalau si kecil memiliki 6 bercak CALS atau lebih.

Artikel Tersapu: Kenali 6 Macam Tanda Lahir Bayi dan Cirinya yang Berbahaya


Pengertian Cafe Au Lait Spot

cafe au lait spot

Sumber: Shutterstock

N domestik bahasa Prancis, ‘cafe au lait’ memiliki kebaikan ‘kopi buah dada’. Dinamakan sama dengan ini karena bentuk dan warna berasal CALS mirip dengan noda tetesan kopi susu. CALS seorang merupakan calit datar yang bercat kecokelatan yang tidak berbahaya, bahkan kasus ini memadai awam dengan terjadi pada sekitar 10% populasi manusia.

Cafe au lait spot berbeda dengan lesi akibat hiperpigmentasi pascainflamasi dan demap kelihatannya disangka sebagai melasma alias bintik-titik di alat peraba.

CALS lazimnya yakni tanda lahir yang sudah ada sejak bayi lahir, tetapi ada pula yang CALS yang unjuk di masa kanak-kanak. Seiring waktu, CALS sekali lagi bisa makin besar ukurannya seiring dengan bertambahnya usia anak.

Kondisi ini dapat berbeda-beda dalam kelompok etnis yang farik, dengan jumlah dan prevalensi yang lebih panjang tampak pada sosok nan berjangat ilegal.

CALS plong usia bayi terjadi pada 0,3% populasi jangat putih dan 18% populasi keturunan Afrika. Pada anak semangat sekolah, persentasenya meningkat menjadi 13% bikin indra peraba sejati dan 27% kulit hitam.

Sebagian besar anak asuh-anak asuh n kepunyaan satu alias dua CALS di sekujur tubuhnya. Hanya sekitar 1–14% anak yang memiliki tiga atau lebih CALS.


Penyebab Cafe Au Lait Spot

Mengenal Cafe Au Lait Spot, Tanda Lahir Bayi yang Mirip Noda Kopi

Sumber: Shutterstock

Tempat CALS ketimbul merupakan area domestik pembentukan melanin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa CALS terjadi karena ekspresi abnormal dari faktor pertumbuhan tertentu. Salah satu investigasi pun mengungkapkan CALS disebabkan makanya eskalasi melanin internal melanosit dan keratinosit pembengkakan.

Faktanya, penyebab CALS masih belum diketahui pasti setakat kini kecuali jika dikaitkan dengan kondisi genetik.

Artikel Terkait: Memiliki Tera Lahir Sulit, Apa yang Dilakukan Para Keluarga Ini?

Ada dua jenis CALS, yakni CALS soliter (satu bercak) maupun multipel (beberapa bercak). CALS soliter biasa dapat ditemukan plong populasi umum nan afiat dan konvensional, sementara itu CALS multipel seringkali dikaitkan dengan kelainan sindrom genetik.

Mereka yang memiliki CALS lebih bermula 6 terlazim menjalani pemeriksaan medis bakal memahami apakah cak semau kelainan genetik, di antaranya sebagai berikut:

1. Neurofibromatosis Tipe 1 (NF1) atau Problem von Recklinghausen

Kondisi ini terjadi karena adanya mutasi pada gen NF1 dan mengikuti pola pewarisan autosomal dominan. Selain timbulnya CALS, gejala tak penyakit ini ialah defisit neurologis, guncangan kepala, nyeri, dan deformitas benak. Intern 95% kasus NF1, pengidapnya mengalami CALS di alat peraba tubuhnya.

2. Neurofibromatosis Tipe 2 (NF2)

Terjadi karena mutase pada gen NF2 yang terletak pada kromosom 22 yang menghasilkan merlin (gen penekan tumor). Pengidap NF2 juga cinta mengalami masalah pendengaran seperti telinga mengiang (tinnitus) dan pusing.

3. Sindrom McCune Albright

Ini merupakan kondisi genetik rumit nan dihasilkan dari mutasi gen GNAS. Gejala enggak dari sindrom ini ialah pubertas dini dan displasia fibrosa tulang.

4. Sindrom Legius

Sindrom ini mirip dengan NF1, tetapi disertai dengan beberapa kelainan seperti makrosefali, lipoma, dan rendahnya kemampuan untuk belajar. Selain itu, pengidap sindrom ini sekali lagi memiliki karakteristik wajah nan khas begitu juga mata lebar (hipertelorisme), jembatan hidung yang melelapkan, bibir tipis, leher berselaput, dan tangan serta kaki yang bengkak.

5. Sindrom Watson

Sindrom ini juga memiliki karakteristik yang mirip dengan NF1, serta ditandai dengan stenosis pulmonal, disabilitas ilmuwan, dan perawakan yang pendek.

6. Sindrom Noonan

Sindrom Noonan adalah RASopati autosomal dominan yang disertai dengan hipertelorisme, stenosis pulmonal, seksual cacat, retardasi pertumbuhan, dan tuli sensorineural.


Gejala Cafe Au Lait Spot

cafe au lait spot

Sumur: Shutterstock

1. Warna

CALS biasanya n kepunyaan warna kecokelatan, dan bervariasi antara cokelat akil balig hingga cokelat lanjut usia, persis seperti kopi yang dicampur dengan tetek. Bercak ini dapat berubah corak menjadi bertambah cuaca atau sebaliknya seiring dengan bertambahnya usia.

Boleh semata-mata CALS tertentang taksa di masa bayi dan semakin menjadi jelas pasca- sang anak beranjak besar. Corak CALS juga bisa menggelap selepas terpapar sinat matahari intern jangka lama.

2. Ukuran dan Bentuk

Dimensi semenjak CALS sendiri berkisar berpokok bilang millimeter (kecil) hingga beberapa sentimeter. Ada kasus di mana CALS memiliki ukuran nan besar hingga lebih dari 20cm. Bentuknya juga beragam, terserah yang bulat, elips, hingga enggak beraturan.

3. Tekstur Cafe Au Lait Spot

Bintik-tutul ini biasanya halus dan datar, tetapi ada beberapa jenis CALS nan duga timbul sehingga dapat terasa sekiranya diraba.

4. Yang Ditimbulkan

Cafe au lait spot bukanlah keberagaman ruam atau reaksi alergi sehingga lain menyebabkan rasa sakit atau renyem. Noda-bercak ini kembali tidak menimbulkan rasa apa pun, invalid lebih sederajat sebagai halnya landang atau tera lahir lainnya.

Artikel Terkait: Bagaimana Kaidah Menghilangkan Tanda Lahir yang Mengganggu?


Proteksi Cafe Au Lait Spot

Mengenal Cafe Au Lait Spot, Tanda Lahir Bayi yang Mirip Noda Kopi

Sumber: Shutterstock

Cafe au lait spot biasanya enggak berbahaya dan tidak menimbulkan gejala ataupun komplikasi kesehatan lainnya. Kondisi ini juga tak memerlukan perawatan idiosinkratis.

Keseleo satu cara bagi ki menutupi CALS adalah dengan perawatan laser. Namun, dalam beberapa kasus setelah penjagaan laser, CALS boleh kembali muncul kembali di kulit.

Kerjakan mengerti apakah cak semau komplikasi genetik yang berhubungan dengan munculnya CALS,
Parents

perlu melakukan tes genetik. Kalau sudah terkonfirmasi adanya kelainan misalnya neurofibromatosis, ketahuilah bahwa tidak ada perunding untuk kelainan tersebut.

Akan saja, dokter bisa mensyurkan perawatan lakukan meredakan gejala nan ketimbul karena kelainan tersebut. Misalnya penyembuhan wicara untuk memperbaiki masalah wicara dan obat untuk memulihkan tekanan pemberang.

Kondisi genetik tertentu yang disebabkan oleh CALS lagi diketahui dapat berkembang menjadi tumor jinak ataupun ganas. Penanggung kondisi ini mungkin memerlukan pembedahan bakal mengangkat tumor atau penyembuhan puru ajal lain seperti kemoterapi dan radiasi.


Kapan Harus Periksa ke Medikus?

cafe au lait spot

Sumber: Shutterstock

Parents
barangkali perlu berkonsultasi dengan tabib atau spesialis seandainya menemui anak asuh mengalami kondisi seperti berikut:

  • Enam maupun kian CALS yang berukuran lebih berbunga 5 mm sebelum adolesens
  • Enam atau kian CALS yang berukuran lebih terbit 15 mm sebelum pubertas
  • Bintik-noktah cokelat di sekeliling katek ataupun selangkangan
  • Adanya benjolan-benjolan di kulit
  • Adanya anggota keluarga lain yang mengalami banyak CALS atau diagnosis NF-1
  • Memiliki banyak CALS dan disertai masalah belajar, bicara, bahasa, atau keterlambatan urut-urutan lainnya

Memiliki tanda lahir, khususnya yang terlihat jelas dan besar boleh menjadi kejutan khusus bagi orang berida. Lebih lagi jika tanda lahir tersebut mudah dilihat oleh orang enggak, misalnya di episode wajah. Mungkin doang tanda lahir yang samudra akan takhlik anak asuh menjadi pusat perhatian, yang tak sukar takhlik si kecil merasa tidak nyaman atau kurang berkeyakinan diri.

Investigasi menunjukkan bahwa anak asuh usia sekolah dengan stempel lahir di wajah menuju mengalami intimidasi, ejekan, dan isolasi sosial yang makin tingkatan. Selain itu, anak-momongan ini galibnya rendah diri dan lebih perseptif terhadap diri koteng daripada momongan lain.

Sekiranya anak asuh menanya mengenai cap lahir, jelaskanlah bahwa tidak ada nan salah atau terbatas puas diri mereka. Tekankan bahwa tanda lahir takhlik mereka unik. Berbicara secara ternganga tentang jenama lahir anak dan menganggapnya perumpamaan hal yang formal membuat anak bertambah mudah menerima tanda lahir sebagai bagian dari diri mereka.

Apakah si katai juga memiliki tanda lahir sebagai halnya cafe au lait spot?

Baca Juga:

Jenis-tipe jenis tanda lahir pada bayi, Parents perlu luang nih!

Unik, Bayi Ini Punya Etiket Lahir Berbentuk Hati di Keningnya

Unik! Bayi ini Warisi Tanda Lahir berupa Rambut dan Kulit Memutih bersumber Empat Generasi

Parenting bagi pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/cafe-au-lait-spot