Cara Menghilangkan Whitehead Di Jidat

Definisi

Barang apa itu komedo putih (whiteheads)?

Komedo kudus (whiteheads) maupun komedo terpejam adalah pelecok satu tipe jerawat ringan. Komedo ini terbentuk dari liang roma yang tersumbat makanya keistimewaan sebum (minyak), bakteri, dan sel-rumah pasung kulit hening.

Penyumbatan ini merentang menutupi seluruh latar tertinggi pori sehingga manifestasi jerawatnya akan seperti benjolan putih kecil. Oleh sebab itu, komedo steril juga disebut sebagai komedo tertutup.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Jerawat ini dahulu umum dan bisa dialami siapa saja, terlepas berpokok jenis kelamin dan roh. Namun, masalah kulit ini kian gelojoh dialami oleh momongan taruna yang sedang puber alias wanita nan terutama sedang dalam masa menstruasi, hamil, dan menopause karena pengaruh hormon.

Untuk mencegah munculnya
whiteheads, Beliau wajib menghindari berbagai rupa faktor pemicunya.

Perlambang dan gejala

Apa saja isyarat dan gejala komedo kalis?

Tanda dan gejala
whiteheads

tersidai dari keparahan kondisi kulit Anda. Doang, rata-rata komedo tertutup memunculkan segel seperti:

  • munculnya benjolan kerdil berwarna berisi cairan jati,
  • benjolan menutup liang roma, serta
  • unjuk di sekeliling negeri kulit yang berminyak, seperti
    Cakrawala-zone,
    dada, punggung, dan lengan.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala nan lain disebutkan di atas. Bila Anda n kepunyaan keresahan akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter.

Bilamana saya harus selidik ke dokter?

Galibnya, jenis jerawat ini dapat diobati dengan mudah. Sahaja, Anda perlu memeriksakan diri ke tabib saat mengalami situasi berikut ini.

  • Terapi tidak menimbulkan hasil yang efektif.
  • Kondisi kulit jadi semakin parah.
  • Besaran komedo makin banyak setelah mencerca produk tertentu.

Bila Kamu mengalami gejala yang mengkhawatirkan, sebagaimana gatal, paras membengkak, sebatas sulit bernapas, segera konsultasikan ke dokter. Hal ini lagi berlaku detik Ia menggunakan pemohon jerawat tanpa taktik mantri.

Penyebab

Apa penyebab komedo murni?

Penyebab utama berpokok
whiteheads
sama seperti mana penyebab jerawat tidak sebagaimana
blackheads, yakni penyumbatan di liang renik.

Jangat secara alami mempunyai kelenjar sebaceous yang bertugas menghasilkan sebum kiranya kulit tegar lempem. Sahaja, glandula ini terkadang terlalu aktif berkarya, sehingga menghasilkan sebum lebih banyak dari nan dibutuhkan.

Selain menghasilkan sebum, kulit juga mengalami proses pertukaran pengasingan setiap hari. Artinya, sengkeran kulit yang mutakadim sirep akan dibuang dan digantikan dengan interniran jangat yang yunior yang sehat.

Normalnya, sebum yang berlebihan akan dikeluarkan menerobos pori-pori kulit. Alih-alih tertendang, reklamasi sengkeran kulit senyap menjadi lebih tebal dan memperkecil sampai menutup bukaan liang renik.

Kesudahannya, bakteri, sebum, dan sel kulit di selingkung permukaan jangat terperangkap di liang roma tertutup. Hal ini yang nantinya menjadi penyebab jerawat berbentuk benjolan putih di meres yang disebut sebagai komedo tahir (whiteheads).

Faktor-faktor risiko

Segala apa nan meningkatkan risiko saya bikin dijalari komedo terpejam?

Penyumbatan pori yang menembakkan pertumbuhan komedo putih pula boleh dipengaruhi beraneka rupa faktor, yakni sebagai berikut.

  • Perubahan hormon saat memasuki perian pubertas, menjelang menstruasi, hamil, dan menderita kondisi tertentu.
  • Mewarisi gen orangtua yang mengalami masalah jerawat.
  • Adanya gesekan dan tekanan berlebihan lega kulit.
  • Eksploitasi obat-obatan seperti kortikosteroid, testosteron, kegagalan KB, dan lithium.
  • Konsumsi makanan pemicu jerawat, seperti mana minum susu dan perut tinggi karbohidrat.
  • Stres.

Diagnosis dan pengobatan

Bagaimana mendiagnosis kondisi ini?

Sreg dasarnya, diagnosis komedo tulus dilakukan melalui pemeriksaan fisik secara langsung. Kemudian, dokter akan menentukan jenis terapi yang tepat kerjakan jerawat ini.

Bila kondisinya teragendakan parah, dukun akan menimang-nimang penyembuhan komplemen kerjakan memburu-buru proses pemulihan.

Segala apa saja pilihan penyembuhan bakal komedo nirmala?

Terapi bakal menghilangkan komedo jati galibnya kasatmata pemohon yang diresepkan dokter atau produk yang dijual adil. Berikut ini beberapa sortiran perawatan bikin jenis jerawat ini.

AHA (alpha hydroxy acid)

AHA maupun asam alfa hidroksi adalah larutan senderut yang dikenal sejak lama ibarat peminta yang digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hancuran cemberut ini dipakai cak bagi membantu pengelupasan kulit dengan mengkhususkan sel kulit mati.

Dengan begitu, kurungan kulit mati akan tertendang dan bisa jadi bukaan pori tidak menyempit seharusnya lain terjadi penyumbatan. AHA di bawah 10 persen umumnya terbilang pintar untuk mengobati komedo.

Meski semacam itu, dagangan dengan kandungan AHA enggak rajin cocok pada keberagaman kulit tertentu, seperti:

  • mempunyai alat peraba rusak akibat terang matahari,
  • mengalami jerawat kronis, serta
  • jenis kulit bergajih.

Krim yang mengandung retinoid

Selain AHA, paduan yang besar perut digunakan dalam pengasosiasi cak bagi menghilangkan komedo adalah retinoid. Retinoid adalah salah suatu bentuk nutrisi A yang dapat mengurangi peradangan.

Jenis vitamin A ini dinilai cukup efektif buat mempercepat penyembuhan peradangan selerang akibat penyumbatan pori-pori. Pada beberapa kasus, retinoid digunakan bersamaan dengan obat lainnya, terutama kerjakan mengatasi jerawat nodul.

Krim ini tak saja dioleskan pada wilayah kulit yang berkomedo saja. Anda juga teradat mengoleskan krim ini secara global di wajah. Penggunaan krim ini menciptakan menjadikan kulit Engkau makin perasa terhadap sinar rawi.

Oleh karena itu, produk lebih baik digunakan di malam hari sebelum tidur.

Benzoil peroksida

Benzoil peroksida memiliki sifat antibakteri yang kuat sehingga dapat mengurangi peradangan akibat infeksi bibit penyakit. Selain itu, zat ini sekali lagi dapat ini boleh mengurangi patra yang jebah di selerang.

Bahan ini tersedia n domestik berbagai rencana, seperti sabun cair pembersih cahaya muka, toner, atu krim. Sayangnya, produk ini bisa meringkaikan kulit sehingga Engkau perlu menggunakannya dengan bijak.

Untuk eksploitasi awal, seyogiannya Beliau menggunakan produk nan kandungannya invalid, sekitar dua persen.

Asam salisilat

Cemberut salisilat adalah sintesis nan paling comar dipakai buat menyurutkan komedo zakiah. Pasalnya, sintesis aktif ini dapat larut privat lemak dan menembus kelenjar penghasil minyak. Alhasil, pori-pori pun longo.

Kendati terbilang efektif, bilyet samping dari asam salisilat pula mirip dengan benzoil peroksida, yakni menyebabkan kulit gersang. Usahakan buat memilih barang dengan perut rendah pada pemakaian pertama.

Pengobatan di rumah

Apa tetapi perlintasan gaya kehidupan alias pengobatan rumahan untuk mengatasi komedo putih?

Selain menjalani penyembuhan yang sudah disebutkan sebelumnya, menerapkan proteksi rumahan juga boleh mendukung proses penyembuhan komedo putih. Situasi ini pun boleh mencegah jerawat dan komedo datang kembali.

Berikut perubahan mode hidup dan perawatan rumahan yang bisa Anda lakukan cak bagi mengatasi komedo tertutup.

Melakukan
facial steam

Facial steam
yaitu perawatan dengan uap agar pori-pori yang terpejam melenggong kian lebar, sehingga pungkur dapat dikeluarkan. Anda dapat mengepas metode ini dengan menghadapkan wajah di depan baskom yang berisi air seksi.

Menjaga kebersihan wajah

Komedo maupun jerawat dapat Beliau cegah pembentukannya dengan rajin membersihkan roman. Sampai-sampai jika tampang Kamu mudah berlemak.

Diskriminatif pembersih cahaya muka ringan dan kosmetik nan dilabeli ‘non-comedogenic‘ atau ‘oil free‘ bakal mencegah penyumbatan. Gunakan pembersih paras dan tubuh sesuai kebutuhan, jangan berlebihan karena bisa membentuk kulit kering dan memperburuk kondisi kulit.

Hindari memencet komedo

Memencet jerawat termasuk komedo tidak bisa Dia kerjakan karena bisa memberbesar risiko terjadinya infeksi bila tangan Dia tidak masif saat menyentuh wajah.

Bersihkan kulit dengan hati-hati

Tidak tetapi membasuh muka, seluruh tubuh Anda harus dibersihkan dengan benar karena komedo tertutup juga dapat menyerang area tubuh lain.

Pastikan Anda mandi secara rutin dan tidak menggosok kulit terlalu keras. Gosokan yang terlalu persisten akan menimbulkan tekanan dan memungkin terjadinya penyumbatan di kulit.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan medikus spesialis kulit lakukan solusi terbaik masalah Sira.

Source: https://hellosehat.com/penyakit-kulit/jerawat/komedo-putih/