Siapakah Orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat Mal

JAKARTA, KOMPAS.com
– Bagi seorang mukminat, wajib hukumnya membayar zakat mal. Zakat mal beserta zakat fitrah koteng termasuk privat berdamai Islam keempat.

Lalu apa yang dimaksud dengan zakat mal?

Zakat mal adalah wajib bagi muslim

Dikutip berpangkal laman resmi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), zakat mal yakni dari berpangkal kata bahasa Arab yakni ‘maal‘ yang artinya harta ataupun khazanah.

Menurut Selam seorang, harta yakni sesuatu nan bisa atau dapat dimiliki dan digunakan (dimanfaatkan) sesuai kebutuhannya.

Oleh karena itu n domestik pengertian zakat perbendaharaan, zakat gana artinya zakat yang dikenakan atas segala apa macam harta, nan secara zat maupun substansi perolehannya tidak antagonistis dengan garis hidup agama.

Baca juga: Mencerna Cara Kerja Bank Syariah yang Diklaim Objektif Riba dan Halal

Sebagai contoh, zakat mal yaitu terdiri atas simpanan kekayaan seperti uang, emas, efek, penghasilan profesi, aset perdagangan, hasil barang tambang atau hasil laut, hasil kontrak perbendaharaan dan lain sebagainya.

Pelaksanaan zakat mal adalah menyisihkan sebagian harta yang dimiliki bikin diberikan kepada cucu adam-turunan yang berwenang menerimanya, baik melalui panitia zakat maupun didistribusikan secara sendiri-sendiri (mandiri).

Syarat mesti zakat mal

Mengeluarkan zakat khazanah bagi yang sudah memenuhi syarat hukumnya adalah wajib. Kewajiban zakat bagi umat orang islam yang mampu tercantum jelas dalam Pertinggal at-Taubah pada ayat 60, ayat 71, dan ayat 103. Silam Albaqarah ayat 43.

Syarat terbiasa seseorang mengeluarkan zakat mal antara tidak berotak (sadar/lain gila), sudah baligh, memiliki harta seorang, dan sudah lalu mencapai nisab.

Baca juga: Kuantitas Zakat Fitrah Uang tunai di Jakarta dan Jawa Barat Acuan

Zakat dikeluarkan bermula harta yang dimiliki. Akan tetapi, tidak semua harta terkena kewajiban zakat. Syarat dikenakannya zakat atas harta di antaranya:

  • Harta tersebut yakni barang sahih dan diperoleh dengan cara yang halal
  • Harta tersebut dimiliki penuh oleh pemiliknya
  • Harta tersebut adalah harta yang dapat berkembang
  • Harta tersebut mencapai nishab sesuai variasi hartanya;
  • Harta tersebut melangkahi haul
  • Tuan harta tidak memiliki hutang jangka ringkas nan harus dilunasi.

Taksiran zakat mal khazanah

Estimasi kuantitas zakat khazanah adalah dengan mengalikan total harta dengan 2,5 uang lelah, jika harta sudah lalu menunaikan janji syarat nisab.

Nisab zakat adalah batasan antara apakah kekayaan itu mesti zakat atau tidak. Sekiranya harta yang dimiliki seseorang sudah lalu mencapai nisab, maka kekayaan tersebut teradat zakat. Jika belum menjejak nisab, maka tidak terlazim zakat.

Apa yang dimaksud zakat mal, zakat mal adalah kewajiban bagi setiap muslim yang mampu. Mengeluarkan zakat mal bagi yang sudah memenuhi syarat hukumnya adalah wajib.
Dok. Sekretariat Presiden
Apa yang dimaksud zakat mal, zakat kekayaan yaitu kewajiban bagi setiap muslim nan mampu. Mengeluarkan zakat aset untuk yang telah memenuhi syarat hukumnya yakni wajib.

Baca juga: Ini Patokan Besaran Zakat Fitrah dengan Beras dan Uang kontan di 2022

Buat nisab atau syarat total minimum zakat perbendaharaan adalah 85 gram jika harta dalam tulang beragangan emas. Sementara apabila n domestik bentuk harta bukan, maka dihitung seimbang harga kencana 85 gram dari nisab tersebut diambil 2,5 uang jasa sebagai adar zakat maal.

Sebagai teoretis bakal zakat substansi maupun penghasilan nisab nan bermain yaitu 85 gram emas. Jika harga emas saban gram detik ini ialah Rp 900.000, maka tenggat nisab ialah Rp 76.500.000.

Jikalau seorang muslim n kepunyaan kekayaan minimal Rp 76.500.000 atau setara 85 gram emas dan sudah mengendap selama setahun (mencapai haul), maka teradat menunaikan zakat.

Total zakat artinya yang harus dibayar yaitu 2,5 persen dikalikan dengan jumlah harta yang disimpan.

Baca juga: Segala apa Perbedaan Dinar dan Dirham?

Jika kalkulasi zakat mal adalah memperalat penghasilan, maka hitungannya yakni total penghasilan dalam suatu tahun dikalikan dengan 2,5 persen.

Misal ilustrasi, Ahmad bekerja sebagai manager marketing di sebuah perusahaan dengan gaji saban bulan nan diterima bersih sebesar Rp 10 miliun per bulan.

Dengan gaji sebesar itu, penghasilan Ahmad dalam setahun yaitu sebesar Rp 120 juta atau sudah menjejak nisab sebesar Rp 76.500.000 atau 85 gram emas.

Maka besaran zakat mal adalah sebesar Rp Rp 3 miliun per perian (Rp 120 juta x 2,5 persen) atau Rp 250 ribu per bulannya.

Baca pula: Prinsip Mencerna Kandungan Kesejatian Emas dari Jumlah Karatnya

Kerumahtanggaan Alquran, terserah 8 golongan yang berhak memufakati zakat mal adalah antara tak:

  1. Individu fakir yaitu manusia nan tidak mempunyai harta dan tenaga bakal menetapi kebutuhannya
  2. Orang miskin, yaitu anak adam yang bekerja tapi enggak mencukupi kebutuhannya atau internal keadaan serba kehilangan
  3. Amil atau orang yang menggapil zakat
  4. Mualaf ataupun basyar nan hijau turut Islam
  5. Hamba sahaya
  6. Orang yang berutang
  7. Sabilillah ataupun individu yang berjuang di jalan Allah
  8. Ibnu sabil atau sedang melakukan perjalanan.

Penjelasan abstrak terkait zakat bisa dilihat di artikel berikut ini.

Zakat perbendaharaan adalah kewajiban bikin setiap muslim yang harta maupun penghasilannya telah mencapai nisab.

Apa pengertian zakat mal atau apa yang dimaksud zakat mal? Zakat mal adalah bersifat wajib, syarat wajib seorang mengeluarkan zakat mal antara lain sudah mencapai nisab.
Istimewa/ Akta Pribadi
Segala apa signifikansi zakat mal atau apa yang dimaksud zakat khazanah? Zakat substansi adalah bertabiat wajib, syarat wajib seorang mengeluarkan zakat mal antara tidak sudah menyentuh nisab.

Baca juga: Konotasi Zakat, Syariat, Varietas, dan Mandu Menghitungnya

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap tahun dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install tuntutan Benang kuningan terlebih adv amat di ponsel.

Source: https://money.kompas.com/read/2021/04/19/183307226/mengenal-zakat-mal-pengertian-hukum-dan-cara-menghitungnya?page=all

Originally posted 2022-08-08 19:29:07.